Breaking News

6 Cara Cerdas Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Keren Sampe Puluhan Tahun


Sepatu kulit adalah salah satu jenis sepatu yang sangat esensial untuk dimiliki, terutama untuk laki-laki. Sepatu kulit yang bagus akan mendukung penampilanmu di acara formal agar terlihat lebih keren. Tapi, memiliki sepatu kulit harus dibarengi dengan perawatan yang intensif loh!
Bagaimana sih cara merawat sepatu kulit?

1. Hal yang pertama kamu lakukan: Kenali jenis sepatu kulitmu!

Sebelum melakukan perawatan, kamu harus tahu sebelumnya jenis kulit yang dipakai sepatumu karena intensitas perawatan yang ideal bisa berbeda-beda. Bahan kulit memiliki berbagai jenis tingkat kelembaban, keelastisan, dan ketahanannya.
Biasanya, bahan kulit yang bagus seperti full-grain tahan lebih lama dan memiliki elastisitas yang bagus jauh dibandingkan bahan kulit lainnya bila dibarengi dengan perawatan yang rutin. Top grain atau kulit yang sudah dipoles juga tahan lama, namun tidak selama full grain.

2. Usahakan hindari udara lembab untuk penyimpanan sepatu kulit. 

Sepatu kulit berjenis apapun harus dijaga dari udara lembab, karena udara lembab dapat menyebabkan sepatumu berjamur dan lapuk sehingga tidak bagus untuk dipakai. Letakkan sepatumu kembali ke kotaknya beserta dengan silica gel.
Bila tidak ada silica gel, kamu bisa menggantinya dengan koran bekas untuk menyerap baunya. Letakkan kotak sepatumu di suhu ruangan yang kering

3. Perhatikan penataan sepatumu. Jangan asal dan tindih-tindihan dengan barang lain. 

Kelalaian dalam menata posisi sepatu dapat membuat tekstur sepatu kulitmu cepat rusak. Bila diletakkan si rak, pastikan sepatu kulitmu diletakkan berjarak dengan sepatu lainnya untuk menghindari noda baret yang permanen karena bergesekan dengan sepatu lain.

4. Buatlah sepatu kulitmu tahan air. Caranya gimana?

Di beberapa toko sepatu kulit, biasanya ada yang menjual spray-on waterproofing yang berguna untuk melapisi sepatu kulitmu dari air. Kamu hanya perlu menyemprot ke seluruh bagian sepatumu dan tunggu sekitar 30 menit. Namun, alangkah baiknya untuk tidak terlalu sering memakai spray ini, guna membuat kulit di sepatumu bernafas.

5. Bila basah, biarlah sepatu kulitmu kering di bawah sinar matahari.

Daripada dikeringkan dengan hairdryer, ada baiknya mengeringkan sepatumu di bawah sinar matahari. Namun, harus diperhatikan juga bahwa sinar matahari yang terlalu panas juga bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi pecah.

Jadi, jemurlah sepatumu di bawah terik sinar yang tidak terlalu panas. Jika kamu harus sekali menggunakan hairdryer, tutupilah sepatumu dengan selembar koran agar panas yang didapatkan tidak terlalu banyak.

6. Rajin-rajinlah menyemir sepatu kulitmu. Jangan malas ya. 

Untuk mempercantik sepatumu dan membuat warnanya cemerlang, pakailah semir sepatu yang sudah terpercaya dan tidak merusak untuk membuat warnanya menjadi lebih bagus. Carilah semir sepatu dengan warna yang paling mirip dengan sepatumu, dan jangan lupa untuk menyemirnya satu arah agar warna yang dihasilkan terlihat lebih alami.

Jangan sampai sepatumu rusak karena salah rawat ya, guys!

sumber : www.idntimes.com

No comments