Breaking News

Sulit Tidur Saat Cuaca Panas? Simak Tips Berikut Ini

KOMPAS.com - Tidur sangat penting bagi kesehatan fisik kita. Kurang tidur bisa membuat suasana hati memburuk dan mengurangi fokus pikiran. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka kita akan berisiko mengalami obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Tapi terkadang cuaca yang panas membuat kita sulit untuk tidur. Apalagi, di negara tropis seperti Indonesia ini. Menurut Tobin James, manajer direktur perusahaan produsen peralatan tidur dari UK, temperatur udara yang tinggi akan membuat kita sulit tidur. "Penting untuk menyiapkan dan mengkondisikan lingkungan tidur serta melakukan penyesuaian terhadap gaya hidup atau rutinitas untuk mengalahkan udara panas," paparnya. Dilansir dari laman Express, Tobin James telah memberi beberapa tips agar kita mampu tidur nyenyak meski cuaca sedang panas.

1. Mematikan semua perangkat listrik
 Langkah pertama adalah mematikan semua perangkat listrik kita. Lampu dan perangkat yang terhubung ke listrik semuanya mengeluarkan panas. "Kita tidak hanya akan mendapat manfaat dari suhu ruangan yang lebih nyaman jika mematikan seluruh perangkat, namun juga menghemat listrik," ucapnya. Menurut Tobin, kita juga bisa meningkatkan kualitas tidur setelah menghilangkan semua hal yang dapat menstimulasi cahaya biru. 2. Ciptakan sendiri udara yang sejuk Ia juga menyarankan agar kita menciptakan sendiri udara yang nyaman dengan menempatkan semangkuk es di depan kipas angin. "Daripada memindahkan udara hangat di ruangan sekitar, es akan mendinginkan udara yang disirkulasikan oleh kipas," ucapnya. Cara ini, kata Tobin, bekerja untuk mendinginkan lebih cepat.

2. Jaga sirkulasi udara 
Menurut Tobin, menjaga sirkulasi udara adalah kunci untuk tetap merasa sejuk meski cuaca panas. "Buka jendela pada malam hari untuk menjaga aliran udara," paparnya. Jika udaranya tetap terasa panas, Tobin menyarankan kita untuk buat membuka jendela di ruangan yang berbeda dan membiarkan pintu terbuka.

3. Lakukan semprotan hidrasi 
Tobin menyarankan kita agar mendinginkan wajah atau melakukan semprotan hidrasi sebelum tidur agar tubuh terasa sejuk. 

4. Kurangi porsi makan malam 
Tobin juga menyarankan agar kita mengonsumsi makan malam dengan posri lebih kecil dan sedikit protein dan lemak saat musim panas. "Tubuh kita menggunakan lebih banyak energi untuk mencerna makanan. Makanan yang terlalu berat berarti kita menghasilkan lebih banyak panas metabolik," paparnya.

5. Lindungi tubuh dari panas 
Mereka yang tinggal di kawasan panas seperti kawasan Mediterania selalu melindungi diri dari panas. "Tutup jendela, tirai atau tirai di sore hari - terutama jika kamar tidur menghadap ke barat atau selatan," kata Tobin. Menurutnya, cara ini berguna untuk memayungi kamar tidur dari cahaya matahari dan membuat kamar terasa sejuk.

sumber : www.kompas.com

No comments