Breaking News

Tips Membuat Mushola Dalam Rumah Yang Nyaman

Tips Rumah - Mengapa diperlukan adanya mushola di dalam rumah? Bagi umat Muslim, sholat adalah sebuah hal yang sama sekali tidak boleh ditinggalkan. Dengan adanya mushola di dalam rumah, Anda dapat melakukan ibadah sholat dengan lebih nyaman di dalam rumah.

Selain itu dengan adanya mushola di dalam rumah, Anda juga dapat meletakkan alat-alat  ibadah Anda didalamnya, Sehingga benda-benda suci tetap terjaga kesuciannya karena berada ditempat yang tepat.

Namun pertanyaanya adalah bagaimana jika tipe rumah Anda adalah minimalis? Masihkah ada tempat untuk membangun mushola di dalam rumah? Tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya membuat mushola di dalam rumah tidak terlalu membutuhkan ruangan yang luas.

Untuk lebih jelasnya, simaklah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan mushola di dalam rumah  diambil dari laman Rumahminimalis berikut ini :

1. Ukuran mushola dalam rumah
 
Ukuran minimal yang bisa anda gunakan untuk membuat mushola dalam rumah adalah dengan lebar 70 cm dan juga panjang 140 cm untuk satu orang. Maka jika anda ingin mendesain tempat ibadah dalam rumah tersebut untuk 3 shaf maka ukuran ruangan mushola dalam rumah tersebut adalah sekitar 2.5 meter untuk lebarnya dan 4 meter untuk panjangnya.


2. Arah mushola dalam rumah
 
Arah mushola yang berada di dalam rumah harus benar-benar diukur dengan baik. Sesuaikan arah kiblat agar penggunaan ruangan menjadi semakin efektif dan nyaman. Anda juga bisa menutup bagian dinding dengan tembok yang tertutup agar aktifitas ibadah dapat berlangsung nyaman dan juga khusuk. Yang terpenting adalah sesuaikan kondisi ruangan di dalam rumah anda dengan arah kiblat sholat.


3. Atap, dinding dan lantai mushola
 
Untuk bagian atapnya, ruangan mushola dalam bagian rumah sebaiknya dibuat dengan atap setinggi 2.7 meter. Hal ini bertujuan agar ruangan mushola dalam rumah anda terkesan lapang dan luas. Ketinggian lantai bangunannya minimal 32 hingga 34 cm dari permukaan rumput atau tanah. Anda juga bisa menempatkan koral sikat yang berjarak 32 sampai 55 cm dari tempat ibadah tersebut agar terhindar dari cipratan air saat sedang hujan. Pada bagian lantainya, anda bisa menggunakan material lantai yang tidak licin namun mudah untuk dibersihkan.


4. Aksesoris ruangan mushola
 
Aksesoris yang bisa anda terapkan di dalam ruangan mushola sebaiknya aksesoris yang tidak terlalu berlebihan dan juga disesuaikan dengan pola geometris ruangan.Anda bisa menerapkan lukisan kaligrafi atau yang bernuansa religi.


5. Warna ruang mushola
 
Dalam mengaplikasikan warna cat, anda bisa menggunakan warna yang dapat menyejukkan mata. Misalnya : hijau muda, biru muda, krem, salem atau warna-warna pastel yang lainnya. Hindari penggunaan warna-warna terang atau mencolok.

Bagaimana #SobatGMG? Sudah siap menciptakan kondisi mushola yang nyaman di dalam rumah Anda? Selamat mencoba yaa.

sumber : gerbangmadani.com

No comments