Breaking News

Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah


RumahCom – Berkunjung ke perpustakaan memiliki manfaat yang banyak, salah satunya sebagai alternatif tempat hiburan bersama anak. Kini, banyak perpusatakaan di Jakarta yang dibuat sangat nyaman dan didekorasi dengan menarik, seperti Perpustakaan Rimba Baca Cilandak atau Perpustakaan Taman Ismail Marzuki, Cikini.

Anda pun dapat membuat perpustakaan sendiri di rumah. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat perpustakaan sendiri? Berikut ini tips-nya.


Pilih Satu Dinding

Anda tidak perlu ruangan khusus untuk membuat perpustakaan. Pilih salah satu sisi dinding di rumah Anda, seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Kemudian, Anda bisa membuat dan meletakkan rak buku di dinding tersebut. Gunakan rak ukuran besar yang dapat menempel dari lantai hingga langit-langit rumah Anda dan isi dengan buku-buku.


Atur Buku Berdasarkan Warna

Strategi mengatur buku berdasarkan warna memiliki potensi untuk menghindari terlalu banyak barang yang tidak beraturan, sekaligus membuat buku-buku tertata secara dekoratif.
Gunakan rak berwarna  putih dan isi dengan buku-buku berwarna. Perpaduan ini sangat serasi dan bahkan membuat suasana ruangan menjadi lebih segar.


Sediakan Tempat Duduk yang Nyaman

Agar waktu membaca menjadi lebih nyaman, tambahkan tempat duduk seperti sofa dengan bantal atau kursi yang cukup empuk untuk duduk berlama-lama. Agar kehadiran kursi tidak mengaburkan pandangan mata dengan banyaknya buku, gunakan kursi dengan warna solid dan netral.


Buat Rak Buku yang Unik

Jika ingin membuat visual yang menarik di perpustakaan Anda, desain rak buku menjadi sesuatu yang tidak biasa. Misalnya setiap kubikal buku diletakkan dengan posisi diagonal, sehingga selain menambah nilai artistik.


Gunakan Tangga

Jika perpustakaan rumah Anda memiliki rak yang cukup tinggi (hingga ke langit-langit rumah), tambahkan tangga yang praktis dan bisa digeser dengan mudah. Cat tangga tersebut dengan warna yang cerah untuk mempercantik desain perpustakaan.


Manfaatkan Lorong Rumah

Anda juga bisa memanfaatkan lorong di rumah dengan menaruh rak buku di sisi–sisi dinding untuk menghemat ruangan. Jika memungkinkan, gunakan rak tinggi yang dapat menutup seluruh dinding. Namun bila terbatas, gunakan rak yang tingginya setengah dari tinggi dinding. Berikan warna yang ringan agar lorong rumah tidak terlihat sempit.


Perhatikan Kualitas Pencahayaan

Perpustakaan merupakan tempat yang digunakan selama berjam-jam, baik untuk membaca buku, belajar, bahkan melakukan penelitian. Pastikan perpustakaan rumah Anda memiliki pencahayaan berkualitas, sehingga aktivitas membaca tidak akan merusak mata. Untuk menambah efek dramatis, tambahkan lampu kecil di bagian atas rak yang dapat menyorot buku-buku.

sumber : www.rumah.com




No comments